Tips Memilih bebek/Itik Yang berkualitas


Bebek Petelur paling mudah untuk diternakkan alasannya adalah memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi dibandingkan yang lainnya. Meski memiliki kekebalan tubuh yang tinggi, tentu saja Anda harus memperhatikan beberapa faktor yang lainnya supaya ayam tersebut bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Salah satu faktor pendukung keberhasilan peternakan bebek adalah DOD ayam yang berkualitas. Untuk DOD ini bisa Anda dapatkan dari peternak yang sudah berpengalaman, atau juga bisa menghasilkannya sendiri. Memang biaya untuk membeli DOD tidak murah, semakin bagus kualitasnya maka harganya semakin mahal. Agar biaya operasional tidak membengkak, Anda bisa menghasilkan DOD tersebut sendiri. Berikut ini adalah tips menciptakan DOD bebek Petelur yang berkualitas:

Induk yang Berkualitas
Kualitas bibit tergantung dengan induknya, oleh sebab itulah banyak orang yang rela mengeluarkan budget yang mahal untuk bisa mendapatkan indukan yang berkualitas. Tidak hanya bebek saja, namun hal tersebut berlaku untuk Ternak peliharaan yang lainnya seperti Ayam, dan lain sebagainya. Dari induk yang berkualitas akan didapatkan bibit yang berkualitas. Oleh sebab itu jika Anda menginginkan bibit bebek Petelur yang berkualitas pilihlah indukan yang sudah berkualitas. Anda bisa mendapatkannya di peternakan bebek petelur milik warga atau yang di peternakan yang sudah dikelola secara komersial.

Pakan yang Berkualitas
Cara menciptakan DOD bebek yang berkualitas adalah memberikan pakan yang berkualitas. Meskipun bebek Mojosari ini paling mudah pemberian pakannya, namun jangan asal memberikan pakan. Sebab nantinya pakan tersebut bisa digunakan agar menghasilkan telur tetas yang berkualitas. Anda bisa memberikan pakan yang tinggi energi dan juga protein, jangan pernah memberikan sisa pakan yang basi sebab bisa menyebabkan masalah pencernaan bagi bebek.

Kandang yang Ideal
Bebek ini nantinya akan bertelur, dan Anda perlu membuat kandang yang ideal untuknya. Kandang bebek khusus petelur harus hangat, harus rapat dan kokoh agar tidak mudah kehujanan dan lain sebagainya. Yan terpenting adalah di dalam kandang tersebut harus ada jerami yang hangat. Tanpa jerami / sekam kandang ini tidak akan menjadi ideal.

Bertelur di Kandang
Bebek membutuhkan tempat umbaran yang mana berguna bagi bebek untuk melenturkan ototnya dan membuatnya lebih sehat. Area umbaran sangat bagus untuk kesehatan bebek. Sayangnya ada saja bebek yang lepas keluar dari kandang. Yang lebih merugikan lagi jika bebek tersebut tidak kembali ke kandang dan bertelur di sebarang tempat, maka Anda akan kehilangan telur dan bebek tersebut. Oleh sebab itu biasakanlah agar bebek tersebut bertelur di dalam kandang.

Memperlakukan Telur dengan Baik
Setelah bertelur, Anda perlu memperlakukan telur tersebut dengan baik dan benar. Perlakuan yang buruk bisa menyebabkan kualitasnya menjadi menurun.  Setelah bebek bertelur, segera ambil telur tersebut agar tidak terinjak kaki bebek.  Bahkan ada bebek yang sehabis bertelur menjadi stress kemudian merusak telurnya sendiri dengan menggunakan paruhnya.

Lakukan Penyeleksian
Anda bisa mengumpulkan telur tersebut di kandang litter.atau di kandang Panggung, Bersihkanlah litter tersebut setiap pagi dan sore hari agar tidak banyak kuman dan bakteri di dalam kandang tersebut. Agar tidak busuk, telur yang sudah dikumpulkan tersebut membutuhkan tindakan khusus agar bisa menetas pada waktu yang tepat. Setelah itu lakukanlah penyeleksian, mana telur yang berkualitas dan yang tidak.

Menghasilkan DOD yang berkualitas memang tidak mudah sebab harus melakukan beberapa tindakan khusus
yang bertujuan agar telur tersebut terjaga kualitasnya. Semakin berkualitas DOD tersebut maka keberhasilan peternakan semakin di depan mata. Lakukanlah beberapa cara yang telah dijelaskan di atas untuk bisa menghasilkan DOD bebek Mojosari yang berkualitas super.