MARI KITA ANALISA TERNAK BEBEK PETELUR 100 EKOR 2023


Beternak bebek memiliki kelebihan dibandingkan dengan ayam karena bebek lebih memiliki daya tahan tubuh yang bagus.


Selain memiliki daya tahan tubuh yang bagus, cara pemeliharaan atau cara beternak bebek juga cukup mudah.


Apabila Anda tertarik untuk beternak bebek sebaiknya perlu membuat perencanaan yang matang. Anda juga harus menganalisa apa saja yang harus dibutuhkan, berapa modalnya dan apa saja resikonya.


Ada dua macam beternak bebek yaitu


beternak dengan memanfaatkan telur dan beternak dengan memanfaatkan dagingnya.

Dalam beternak bebek petelur, kita perlu melakukan analisa terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa banyak modal ternak bebek petelur yang perlu kita persiapkan.


Dengan begitu, peternak pemula akan mendapatkan gambaran tentang ternak bebek petelur dan apa saja yang perlu dipersiapkan. Sebagai tahap awal, kita bisa melakukan analisa bebek petelur 100 ekor.


Analisa Usaha Ternak Bebek Petelur

Dengan membuat analisa usaha maka kita bisa mempersiapkan modal awal ternak bebek petelur yang dibutuhkan dan perencanaan untuk beberapa tahun ke depan.

Untuk perhitungan bebek petelur yang hobiternak.com paparkan, menggunakan bebek yang siap bertelur. Jika memelihara sejak masih anakan tentu membutuhkan analisa yang berbeda.


Perbedaan antara pemeliharaan sejak kecil atau yang siap bertelur terletak pada modal untuk membeli bibit, dimana modal untuk membeli bebek siap telur lebih tinggi dibandingkan modal membeli bebek sejak masih DOD atau kecil/bibit.


Analisa biaya tidak hanya dilakukan pada bebek petelur, namun juga dapat dilakukan pada analisa bebek pedaging.


Kandang untuk Ternak Bebek Petelur

Cara beternak bebek pada umumnya memang cukup mudah dan bisa diterapkan di semua lapisan masyarakat. Agar menghasilkan keuntungan yang maksimal maka alangkah baiknya jika cara ternak bebek yang dilakukan harus sesuai dengan menejemen pemeliharaan yang sesuai.

Seperti tata cara pembuatan kandang yang benar dan sesuai dengan standar. Peternak dapat menggunakan kandang bebek petelur modern atau pun tradisional. Contoh kandang bebek petelur yang baik banyak terdapat dituliskan di buku panduan maupun di website kami di seputarhargaitik.blogspot.com

Bagian dalam kandang tersebut, sebaiknya diberi alas sekam agar telur tidak mudah pecah. Waktu bertelur bebek petelur pada umumnya pada pagi hari.


Untuk kandang bebek petelur sebaiknya memenuhi beberapa persyaratan yaitu lokasinya jauh dari kebisingan atau keramaian, dekat sumber air bersih, aman dari berbagai gangguan hewan buas.


Pakan Ternak Bebek Petelur Modern

Agar dapat menghasilkan keuntungan panen yang maksimal maka cara ternak bebek juga harus selalu memperhatikan tentang pemberian pakan. Karena pakan merupakan sumber kehidupan utama bagi ternak bebek petelur.


1. Pakan Sumber Energi


Jenis pakan ternak bebek petelur yang memiliki sumber energi bagi bebek contohnya seperti gandum, bekatul, jagung giling dan berbagai jenis biji-bijian.


Pakan – pakan tersebut juga dapat membuat bebek lebih berenergi karena bebek sendiri sering beraktivitas seperti bermain, bertelur dan lain sebagainya.

2. Pakan Sumber Protein


Kandungan protein pada pakan bebek sangat berfungsi sebagai pertumbuhan tulang, urat, daging, kulit, dan bulu. Selain itu protein juga sangat dibutuhkan untuk menganti jaringan tubuh pada bebek yang rusak, terutama saat bebek sedang sakit.


Pada jenis bebek petelur, protein sangat baik untuk menunjang produktifitas telur yang dihasilkan. Bila asupan gizi protein kurang maka akan berakibat menurunya produktifitas telur yang dihasilkan.

Kandungan protein dalam pakan bebek juga berfungsi sebagai pertumbuhan tulang, urat, daging, kulit dan bulu. Seperti halnya dengan Tepung ikan, kandungan protein yang tinggi didalamnya juga berfungsi sebagai pertumbuhan pada bebek. 

Jenis pakan yang memiliki kandungan protein yaitu bungkil kacang hijau, bungkil kelapa dan berbagai jenis tepung seperti tepung ikan, tepung daging dan tepung tulang.


Pakan-pakan tersebut dapat Anda temukan di pasar dan juga harganya cukup terjangkau. Dengan harga yang cukup terjangkau membuat para peternak tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu tinggi.

3. Jenis Pakan Sumber Mineral


Mineral merupakan zat pembangun untuk keperluan pertumbuhan dan produksi pada bebek terutama pada pembentukan tulang dan kulit telur. Pakan sumber mineral dapat ditemukan pada tepung kerang putih.


Untuk pemberian pakan sumber mineral tersebut, sebaiknya diberikan ke bebek dengan jumlah yang terbatas.

Pakan merupakan kebutuhan utama yang diperlukan untuk pertumbuhan bebe, seperti halnya Tepoung kerang tersebut sebagai zat mineral atau zal pembangung pada tubuh bebek 

Takaran Pemberian Pakan Bebek Petelur

Sejatinya, untuk takaran pakan jenis itik petelur tergantung dengan peternak masing-masing. Namun perlu diperhatikan bahwasanya untuk bebek petelur siap bertelur ini pakan yang mengandung protein tinggi porsi yang diberikan sebaiknya lebih besar.

Maka untuk itu, pemberian pakan konsentrat itik petelur bisa diberikan secara intensif ketika itik atau bebek memasuki usia 4 – 5 bulan. Ketika bebek tersebut bertelur konsentrat itik petelur juga perlu intensif diberikan. 


Perlu di ingat untuk pemberian pakan campuran berupa jagung memang cukup dianjurkan, tetapi ketika bebek sudah akan memasuki usia bertelur atau kurang dari 15 hari. Sebaiknya peternak menghentikan pemberian pakan jagung ini.


Bebek Mojosari merupakan jenis bebek petelur yang memiliki jumlah produktifitas tinggi

Hal ini dikarenakan dapat memperlambat atau bahkan bisa memutus jalan urutan telur atau dalam bahasa jawa disebut dengan “uritan”.


Begitu bebek selesai masa periode bertelur periode pertama dan mengalami masa mabung, saat itulah pemberian jagung dan pakan campuran seperti bekatul atau tepung ikan bisa diberikan kembali.


Untuk harga pakan bebek petelur di setiap daerah berbeda-beda. Estimasi harga pakan tersebut adalah antara kisaran Rp. 300.000 – Rp. 400.000/ karung.