Tips Memilih Dod Bebek Petelur yang Baik

    Dengan memperoleh DOD atau bibit bebek petelur berkualitas tinggi, itu akan mempengaruhi produktivitas bebek petelur di masa depan. Selain itu, faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas bebek petelur adalah cara memelihara, pakan dan minuman, pencegahan penyakit, perawatan penyakit, sanitasi lingkungan, pagar dan kandang yang memenuhi persyaratan. Persyaratan ini adalah untuk menjaga kandang tetap bersih dan mempunyai sirkulasi yang baik sehingga bebek merasa nyaman di dalam kandang.

Tips Memilih Dod Bebek Petelur yang Baik

Secara umum DOD dari peternakan yang sudah mempunyai sertifikasi yang jelas akan dapat mempertanggungjawabkan DOD yang sudah dijual. Sehingga kualitasnya dapat dipercarya. Namun ada beberapa tips lain yang juga harus Anda perhatikan ketika akan membeli DOD.

  • Bibit bebek petelur harus terbebas dari berbagai macam penyakit. Baik yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, parasit maupun faktor lainnya.
  • Memiliki tubuh berwarna gelap, mempunyai nafsu makan yang baik, serta sangat lincah.
  • Berat DOD minimal 40 gram tiap ekor.
  • Mempunyai mata yang jernih, terang dan tidak melek.
  • Pusarnya sudah kering dan terlihat bersih, serta mempunyai perut yang tidak mengembung.
  • Mempunyai bulu yang berkilap, dan juga tidak ada gejala cacat sama sekali.

Tips Beternak Bebek Petelur yang Baik

beternak-bebek-petelur-dengan-benar-min-4367718

Peternakan bebek masih sangat dicintai dan dilakukan oleh beberapa komunitas, memiliki peluang tinggi dan berpotensi menjadi sumber pendapatan bagi peternak kecil di pedesaan. Sistem pemberian makan bebek disebut sistem semi intensif dan intensif. Dalam sistem pemberian pakan bebek pedesaan, biasanya masih mempertahankan keadaan tradisional, atau disebut semi intensif dengan merumput di ladang. Sistem dengan rumput mengembalakan di ladang untuk memakan tanaman hijauan dapat mempengaruhi produktivitas.

Jenis pemeliharaan kedua disebut sistem intensif, dalam sistem pemeliharaan intensif, peternak harus benar-benar memahami prosedur perawatan yang benar. Peternak juga harus memilih bebek berkualitas tinggi, pemberian pakan, pengendalian penyakit, penanganan pasca panen dan pemasaran. Dalam sistem intensif ini, bebek petelur biasanya ditempatkan di kandang khusus untuk menggunakan kandang baterai untuk unggas. Tentu saja, dengan menggunakan kandang baterai, peternak akan lebih cenderung memanen telur bebek, memberi makan, dan mengendalikan penyakit dengan sangat mudah.

Jika Anda ingin beternak bebek petelur Mojosari untuk memperoleh hasil yang menguntungkan. Memilih metode intensif akan memberikan keuntungan yang maksimal untuk dilakukan. adapun beberapa hal yang perlu Anda lakukan antara lain.

Mempersiapkan kandang


 adalah faktor utama untuk ternak bebek petelur, karena kandang adalah tempat berlindung dari serangan sinar matahari, hujan dan satwa liar. Saat membuat kandang, cobalah untuk menjauhkan peternakan dari keramaian atau daerah perumahan, dan memfasilitasi transportasi jalan. Kandang juga harus dilengkapi dengan fasilitas lengkap untuk membuat bebek merasa nyaman dan memiliki dampak positif, sehingga bebek tidak merasa stres. Ada beberapa jenis model kandang bebek yang bisa anda gunakan, mulai dari baterai, boks, ren, postal, hingga ranch.atau kandang panggung 

Pemilihan DOD berkualitas

Agar peternakan memperoleh keuntungan yang berlimpah, tentu saja pemilihan bibit bebek petelur juga harus berkualitas tinggi sangat penting bagi induk yang menelurkan telur. DOD berkualitas tinggi tidak hanya bermanfaat bagi peternak, tetapi kualitas dan nutrisi yang terkandung dalam telur bebek juga akan mempengaruhi kebutuhan nutrisi tubuh manusia. Benih berkualitas tinggi diproduksi oleh induk yang berkualitas tinggi. Saat membeli DOD untuk peternakan, mereka perlu mengetahui sumber pasti bibit bebek / DOD dan menghindari membeli bibit pada pedagang yang belum jelas tentang produksi bibit bebeknya.

Memperhatikan kualitas pakan

bibit-bebek-petelur-6790656

Kualitas pakan dan pemberian pakan secara rutin adalah kunci keberhasilan peternak di peternakan bebek petelur Mojosari. Pakan adalah komponen terbesar dari semua biaya produksi dalam kisaran 60-80%. Dalam proses penggunaan, peternak tentu sudah tahu bahan pakan pabrik dalam bentuk pakan konsentrat dan bahan pakan alternatif untuk pengganti konsentrat dari pabrik. Hal tersebut juga bertujuan untuk lebih menekan biaya produksi.

Jual DOD / Bibit Bebek Petelur Mojosari Berkualitas

Perusahaan Pak Saiful di Naungi CV SAHABAT TERNAK, yang sudah banyak dipercaya para peternak di seluruh Indonesia. Bibit bebek kami berasal dari indukan yang berkualitas yang memiliki track record bertelur yang stabil dan menghasilkan telur yang berkualitas baik, sehingga dipastikan anakan yang dihasilkan kurang lebih juga akan meniru indukannya.

Kami dapat mengirim dod bebek sampai lokasi anda, dan pembayaran 50%dapat dilakukan pada saat Melakukan Pemesanan bibit bebek,Pelunasan pas DOD  sudah tiba di tempat anda. Kami sudah berpengalaman bertahun tahun dalam mengirim dod bibit bebek petelur ke suluruh Indonesia, jadi dapat dipastikan bibit bebek peking pedaging,bibit bebek Hibrida Super maupun bibit bebek petelur yg anda pesan akan aman hingga tiba di tempat anda.